Go GREEN INDONESIA...SUKSESKAN HARI MENANAM POHON INDONESIA 28 NOVEMBER

Pages

Rabu, 30 September 2009

GEMPA

(courtesy: http://www.beritajogja.com)
"Gempa lagi...gempa lagi..." begitu ujar seorang siswa kami yang berdiskusi dengan temannya ketika mendengar tantang berita mengenai Gempa 7,6 SR yang mengguncang kota Padang dan sekitarnya pada tanggal 30 September 2009 kemarin.

Indonesia adalah termasuk negara yang rawan terhadap gempa. Sedikitnya pernah terjadi 3 kali gempa bumi yang tercatat sebagai gempa terbesar di dunia. Seperti yang dikutip dari vivanews.com
1)Gempa 9,1 SR terjadi di Aceh, Indonesia pada 26 Desember 2004. Gempa itu mengakibatkan tsunami dahsyat yang menewaskan 230.000 orang di beberapa belahan dunia. Gempa paling mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah.
2)Gempa dengan kekuatan 8,6 SR mengguncang Indonesia pada 28 Maret 2005. Lebih dari 1.300 orang tewas.
3)Indonesia, 12 September 2007, terjadi gempa dengan kekuatan 8,8 SR. Sedikitnya 25 orang tewas.

Dan baru-baru ini masyarakat di daerah Jawa Barat dikejutkan dengan gempa berkekuatan 7,3 SR yang ber-episentrum di Tasikmalaya. Gempa tersebut menghancurkan sarana-sarana umum termasuk sekolah.

Berdasarkan hal tersebut diatas, adalah sudah saatnya sekolah mengadakan simulasi tentang gempa. Hal tersebut sangat penting agar para siswa dan guru mempunyai pemahaman tentang apa yang dilakukan ketika gempa terjadi baik ketika sedang di sekolah atau pun di rumah.

Kita tidak akan pernah tau kapan gempa akan terjadi dan sampai saat ini tidak ada seorang ahli pun yang bisa memprediksi kapan gempa akan terjadi.

Keluarga besar SDN PADASUKA MANDIRI 2 KOTA CIMAHI mengucapkan turut berduka cita atas korban gempa yang berpusat di kota Tasikmalaya, Padang, dan Jambi. Semoga mereka semua diberi ketabahan. Amin.

1 komentar:

pelangi anak mengatakan...

Memang sangat penting memperkenalkan dan mengajari anak didik dengan pengetahuan tentang gempa dan bagaimana langkah yang harus diambil ketika bencana tersebut mengguncang kita. Hal tersebut akan menjadi bekal anak yang akan terus diingat dalam benaknya, sehingga secara tidak langsung kita telah mengaplikasikan early warning system atau tanggap bencana, yang pada akhirnya bisa mengurangi resiko banyaknya korban jiwa. Sungguh inisiatif yang mulia yang akan berbuah manis dikemudian hari kelak.

Posting Komentar

PASKIBRA SDN PADASUKA MANDIRI 2 CIMAHI (LATIHAN)

Blogger templates

Managed by Yusup Nurhadi, SDN Padasuka Mandiri 2 Copyright. All rights reserved 2011